Cara membuatnya:
- Pertama kita akan mengatur ukuran terlebih dahulu. Kita akan menggunakan standar ukuran dalam centimeter. Caranya : klik menu Customize>Units Setup.
- Klik pilihan Metric dan ubah kotak kombo menjadi pilihan Centimeters.
- Klik tombol System Unit Setup.
- Pilih Centimeters dan klik tombol OK.
- Selanjutnya kita akan mulai membuat objek dasar pensilnya. Kita akan menggunakan objek dasar berupa objek Cylinder. Klik tab Create>Geometry>Standard Primitives>Cylinder.
- Buat objek di viewport Left (seperti tampak pada gambar).
- Buka tab Modify.
- Atur parameter seperti gambar dibawah.
- Hasilnya akan tampak pada gambar berikut.
- Dekatkan mouse Anda ke tulisan Perspective di viewport Perspective dan klik kanan, lalu klik opsiEdged Faces.
- Anda akan mendapati objek tampak memiliki garis-garis pembentuk yang akan memudahkan kita dalam melakukan pengeditan selanjutnya.
- Klik kanan tulisan Cylinder seperti petunjuk gambar dibawah dan klik pilihan Editable Poly.
- Maka tulisan Cylinder akan berubah menjadi tulisan Editable Poly. Buka tanda plus disebelah tulisan Editable Poly. Klik pilihan Vertex.
- Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar dibawah.
- Klik tombol Collapse. Fitur ini berfungsi untuk menyatukan vertex-vertex yang kita pilih.
- Lalu klik pilihan Edge seperti gambar dibawah.
- Pilih edge seperti gambar dibawah.
- Klik tombol Connect. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan (connect) garis baru yang ingin kita tambahkan pada objek 3D kita.
- Hasilnya kita akan punya penambahan sebuah garis baru, seperti tampak pada gambar dibawah.
- Selanjutnya klik pilihan Polygon.
- Lalu kita pilih bagian sisi depan, seperti gambar dibawah.
- Tekan tombol M dikeyboard untuk membuka Material Editor.
- Pilih warna hitam pada kotak bertuliskan Diffuse disampingnya.
- Lalu tekan tombol Assign Material to Selection seperti pada gambar. Kita dapat memberikan warna untuk bagian-bagian lain dari objek pensilnya.
- Hasilnya tampak seperti pada gambar.
Pensil 3 Dimensi
Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.
0 komentar:
Posting Komentar