Flowchart

Label:

Artikel ini adalah tentang jenis diagram. Untuk "Bagan Arus" menulis puisi, lihat Ashbery Yohanes.
Sebuah flowchart sederhana yang mewakili suatu proses untuk berurusan dengan lampu tidak berfungsi.

Flowchart adalah jenis diagram yang merepresentasikan sebuah algoritma atau proses, menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan pesanan mereka dengan menghubungkan ini dengan panah. Representasi diagram dapat memberikan solusi langkah-demi-langkah untuk masalah tertentu. Operasi proses direpresentasikan dalam kotak-kotak, dan panah menghubungkan mereka mewakili aliran kontrol. Data arus tidak biasanya direpresentasikan dalam diagram alur, berbeda dengan diagram aliran data, melainkan, mereka yang tersirat oleh urutan operasi. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola proses atau program di berbagai bidang.


Tinjauan

Flowchart digunakan dalam merancang dan mendokumentasikan proses kompleks. Seperti jenis diagram, mereka membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu pengunjung untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kekurangan, kemacetan, dan lainnya yang kurang jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan. Kedua paling umum jenis kotak dalam diagram alur adalah:

     langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
     keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.

Sebuah flowchart digambarkan sebagai "lintas-fungsional" saat halaman dibagi menjadi swimlanes berbeda menggambarkan kontrol dari unit organisasi yang berbeda. Sebuah simbol muncul dalam "jalur" tertentu dalam kontrol dari unit organisasi. Teknik ini memungkinkan penulis untuk menemukan tanggung jawab untuk melakukan tindakan atau membuat keputusan dengan benar, menunjukkan tanggung jawab setiap unit organisasi untuk bagian yang berbeda dari sebuah proses tunggal.

Flowchart menggambarkan aspek-aspek tertentu dari proses dan mereka biasanya dilengkapi dengan jenis lain diagram. Misalnya, Kaoru Ishikawa diagram alur didefinisikan sebagai salah satu dari tujuh alat dasar kontrol kualitas, di samping histogram, diagram Pareto, check sheet, peta kendali, sebab-akibat diagram, dan diagram pencar. Demikian pula, dalam UML, notasi-konsep pemodelan standar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, diagram aktivitas, yang merupakan jenis flowchart, hanyalah salah satu dari banyak jenis diagram yang berbeda.

Nassi-Shneiderman diagram merupakan notasi alternatif untuk aliran proses.

Nama lain yang umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, diagram proses, bagan proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram aliran bisnis.


Sejarah
Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, "aliran proses grafik", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Charts-Langkah Pertama di Menemukan One Way Terbaik ". Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke dalam kurikulum teknik industri. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang-orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri di Konferensi Kerja Penyederhanaan di Lake Placid, New York.
Lulusan 1944 kelas Mogensen 's, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Metode Ubah. Lulusan lain 1944, Ben S. Graham, Direktur Teknik Formcraft di Standard Daftar Industri, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan perkembangan dari bagan aliran multi-proses untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. [2] Pada tahun 1947, ASME mengadopsi serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Proses Charts.
Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. [3] akun kontemporer-Nya didukung oleh insinyur IBM [4] dan oleh kenangan pribadi Goldstine itu. [5] pemrograman asli aliran grafik dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan tidak diterbitkan mereka, "Perencanaan dan pengkodean masalah bagi alat komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam karya von Neumann dikumpulkan [6].
Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. [7] teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap sebagai perpanjangan dari diagram alur. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika interaktif terminal komputer dan generasi ketiga bahasa pemrograman menjadi alat umum perdagangan, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas sebagai kode sumber dalam bahasa tersebut, dan juga karena merancang algoritma dengan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk gotos untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa benar-benar berpegang pada rincian tertentu one.Overview
Flowchart digunakan dalam merancang dan mendokumentasikan proses kompleks. Seperti jenis diagram, mereka membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu pengunjung untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kekurangan, kemacetan, dan lainnya yang kurang jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan. Kedua paling umum jenis kotak dalam diagram alur adalah:

    
langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
    
keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.
Sebuah flowchart digambarkan sebagai "lintas-fungsional" saat halaman dibagi menjadi swimlanes berbeda menggambarkan kontrol dari unit organisasi yang berbeda. Sebuah simbol muncul dalam "jalur" tertentu dalam kontrol dari unit organisasi. Teknik ini memungkinkan penulis untuk menemukan tanggung jawab untuk melakukan tindakan atau membuat keputusan dengan benar, menunjukkan tanggung jawab setiap unit organisasi untuk bagian yang berbeda dari sebuah proses tunggal.
Flowchart menggambarkan aspek-aspek tertentu dari proses dan mereka biasanya dilengkapi dengan jenis lain diagram. Misalnya, Kaoru Ishikawa diagram alur didefinisikan sebagai salah satu dari tujuh alat dasar kontrol kualitas, di samping histogram, diagram Pareto, check sheet, peta kendali, sebab-akibat diagram, dan diagram pencar. Demikian pula, dalam UML, notasi-konsep pemodelan standar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, diagram aktivitas, yang merupakan jenis flowchart, hanyalah salah satu dari banyak jenis diagram yang berbeda.
Nassi-Shneiderman diagram merupakan notasi alternatif untuk aliran proses.
Nama lain yang umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, diagram proses, bagan proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram aliran bisnis.


Flowchart blok bangunan[Sunting] ContohSebuah flowchart sederhana untuk menghitung faktorial N (n!)Template untuk diagram alur gambar (tahun 1970) yang menunjukkan simbol yang berbeda.
Sebuah flowchart untuk menghitung faktorial dari N (10!) Di mana N! = (1 * 2 * 3 * 4 * 5 * 6 * 7 * 8 * 9 * 10), lihat gambar.[Sunting] Simbol
Sebuah diagram alur khas dari yang tua buku teks ilmu komputer dasar dapat memiliki jenis berikut simbol:
Mulai dan akhiri simbol
    
Direpresentasikan sebagai lingkaran, oval atau empat persegi panjang bulat, biasanya yang berisi kata "Start" atau "End", atau frase lain sinyal awal atau akhir dari suatu proses, seperti "submit penyelidikan" atau "menerima produk".
Panah
    
Menampilkan "aliran kontrol". Sebuah panah yang datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain menyatakan bahwa kontrol lolos ke simbol panah menunjuk ke.
Generik pengolahan langkah
    
Direpresentasikan sebagai persegi panjang. Contoh: "Tambahkan 1 ke X"; "mengganti bagian diidentifikasi"; "simpan perubahan" atau mirip.
Subrutin
    
Direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dua kali menghantam tepi vertikal; ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah proses yang kompleks yang dapat rinci dalam diagram alur terpisah. Contoh: PROSES-FILES. Satu subrutin mungkin memiliki beberapa entry point yang berbeda atau arus keluar (lihat coroutine), jika demikian, ini ditampilkan sebagai berlabel 'sumur' di persegi panjang, dan panah kontrol terhubung ke ini 'sumur'.
Input / Output
    
Direpresentasikan sebagai genjang. Contoh: Dapatkan X dari pengguna; tampilan X.
Siapkan bersyarat
    
Direpresentasikan sebagai sebuah segi enam. Menunjukkan operasi yang tidak memiliki efek selain mempersiapkan nilai untuk langkah bersyarat atau keputusan selanjutnya (lihat di bawah).
Bersyarat atau keputusan
    
Direpresentasikan sebagai berlian (belah ketupat) menunjukkan di mana keputusan yang diperlukan, umumnya suatu Ya / Tidak ada pertanyaan atau Benar / Salah tes. Simbol kondisional adalah khas dalam yang telah dua panah keluar dari itu, biasanya dari titik bawah dan titik yang tepat, salah satu sesuai dengan Ya atau Benar, dan satu sesuai ke Tidak atau Salah. (Tanda panah harus selalu diberi label.) Lebih dari dua panah dapat digunakan, tetapi ini biasanya indikator yang jelas bahwa keputusan yang kompleks sedang diambil, dalam hal ini mungkin perlu jebol lebih lanjut atau diganti dengan "pra didefinisikan proses "simbol.
Junction simbol
    
Umumnya diwakili dengan gumpalan hitam, menunjukkan di mana arus kontrol beberapa menyatu dalam aliran keluar tunggal. Sebuah simbol persimpangan akan lebih dari satu panah yang masuk ke dalamnya, tetapi hanya satu keluar.
    
Dalam kasus sederhana, satu hanya dapat memiliki titik panah untuk panah lain sebagai gantinya. Ini berguna untuk mewakili berulang-ulang proses (apa yang dalam Ilmu Komputer disebut loop). Sebuah lingkaran mungkin, misalnya, terdiri dari konektor di mana kontrol pertama masuk, langkah-langkah pengolahan, bersyarat dengan satu panah keluar loop, dan satu akan kembali ke konektor.
    
Untuk kejelasan tambahan, dimanapun dua baris sengaja menyeberang dalam gambar, salah satunya bisa diambil dengan setengah lingkaran kecil di atas yang lain, menunjukkan bahwa persimpangan tidak dimaksudkan.
Konektor berlabel
    
Diwakili oleh sebuah label identifikasi di dalam lingkaran. Konektor berlabel digunakan dalam diagram kompleks atau multi-lembar untuk menggantikan panah. Untuk setiap label, yang "keluar" konektor selalu harus unik, tapi mungkin ada sejumlah konektor "arus masuk". Dalam hal ini, di persimpangan aliran kontrol tersirat.
Concurrency simbol
    
Diwakili oleh garis melintang ganda dengan sejumlah entri dan panah keluar. Simbol-simbol ini digunakan setiap kali dua atau lebih arus kontrol harus beroperasi secara bersamaan. Arus keluar diaktifkan bersamaan ketika semua arus masuk telah mencapai simbol konkurensi. Sebuah simbol konkurensi dengan aliran masuk tunggal garpu, satu dengan aliran keluar tunggal adalah bergabung.
Adalah penting untuk mengingat untuk menjaga hubungan logis dalam rangka. Semua proses harus mengalir dari atas ke bawah dan kiri ke kanan.[Sunting] Data-aliran ekstensi
Sejumlah simbol telah distandarisasi untuk diagram aliran data untuk merepresentasikan aliran data, bukan aliran kontrol. Simbol ini juga dapat digunakan dalam grafik kontrol aliran (misalnya untuk menggantikan simbol genjang).

    
Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
    
A input manual diwakili oleh segiempat, dengan bagian atas miring tidak teratur naik dari kiri ke kanan. Sebuah contoh akan untuk menandakan pemasukan data dari formulir;
    
Sebuah Manual operasi diwakili oleh suatu trapesium dengan sisi sejajar terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian untuk proses yang hanya dapat dilakukan secara manual.
    
File Data direpresentasikan oleh silinder.
[Sunting] Jenis-jenis flowchartContoh flowchart sistem.
Sterneckert (2003) menyarankan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, analis sistem dan panitera) dan bahwa ada empat tipe umum: [8]

    
Dokumen diagram alur, menunjukkan kontrol atas aliran-dokumen melalui sistem
    
Data diagram alur, menunjukkan kontrol atas aliran data dalam suatu sistem
    
Sistem flowchart menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya
    
Program flowchart, menunjukkan kontrol dalam sebuah program dalam suatu sistem
Perhatikan bahwa setiap jenis diagram alur memfokuskan pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri [8].Mengemudi untuk mencapai tujuan tertentu dapat dimodelkan menggunakan diagram alur.
Namun ada beberapa klasifikasi ini. Sebagai contoh Andrew Veronis (1978) bernama tiga jenis dasar flowchart:. Bagan alur sistem, diagram alur umum, dan diagram alur rinci [9] Pada tahun yang sama Marilyn Bohl (1978) menyatakan "dalam praktiknya, dua jenis diagram alur yang digunakan dalam solusi perencanaan: diagram alur sistem dan diagram alur program ... "[10] Baru-baru ini Mark A. Fryman (2001) menyatakan bahwa ada lebih banyak perbedaan." Keputusan diagram alur, diagram alur logika, diagram alur sistem, diagram alur produk, dan diagram alur proses hanya beberapa dari berbagai jenis diagram alur yang digunakan dalam bisnis dan pemerintah ". [11]
Selain itu, teknik diagram ada banyak yang mirip dengan diagram alur tapi membawa nama yang berbeda, seperti diagram aktivitas UML.[Sunting] Perangkat Lunak
Setiap program menggambar dapat digunakan untuk membuat diagram flowchart, tetapi ini tidak akan memiliki data model dasar untuk berbagi data dengan database atau program lain seperti sistem manajemen proyek atau spreadsheet. Beberapa alat menawarkan dukungan khusus untuk menggambar flowchart. Paket perangkat lunak yang ada yang dapat membuat diagram alur secara otomatis, baik secara langsung dari kode sumber, atau dari bahasa flowchart deskripsi. Versi on-line berbasis web program tersebut available.History
Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, "aliran proses grafik", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Charts-Langkah Pertama di Menemukan One Way Terbaik ". Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke dalam kurikulum teknik industri. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang-orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri di Konferensi Kerja Penyederhanaan di Lake Placid, New York.
Lulusan 1944 kelas Mogensen 's, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Metode Ubah. Lulusan lain 1944, Ben S. Graham, Direktur Teknik Formcraft di Standard Daftar Industri, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan perkembangan dari bagan aliran multi-proses untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. [2] Pada tahun 1947, ASME mengadopsi serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Proses Charts.
Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. [3] akun kontemporer-Nya didukung oleh insinyur IBM [4] dan oleh kenangan pribadi Goldstine itu. [5] pemrograman asli aliran grafik dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan tidak diterbitkan mereka, "Perencanaan dan pengkodean masalah bagi alat komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam karya von Neumann dikumpulkan [6].
Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. [7] teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap sebagai perpanjangan dari diagram alur. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika interaktif terminal komputer dan generasi ketiga bahasa pemrograman menjadi alat umum perdagangan, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas sebagai kode sumber dalam bahasa tersebut, dan juga karena merancang algoritma dengan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk gotos untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa benar-benar berpegang pada rincian tertentu one.Overview
Flowchart digunakan dalam merancang dan mendokumentasikan proses kompleks. Seperti jenis diagram, mereka membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu pengunjung untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kekurangan, kemacetan, dan lainnya yang kurang jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan. Kedua paling umum jenis kotak dalam diagram alur adalah:

    
langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
    
keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.
Sebuah flowchart digambarkan sebagai "lintas-fungsional" saat halaman dibagi menjadi swimlanes berbeda menggambarkan kontrol dari unit organisasi yang berbeda. Sebuah simbol muncul dalam "jalur" tertentu dalam kontrol dari unit organisasi. Teknik ini memungkinkan penulis untuk menemukan tanggung jawab untuk melakukan tindakan atau membuat keputusan dengan benar, menunjukkan tanggung jawab setiap unit organisasi untuk bagian yang berbeda dari sebuah proses tunggal.
Flowchart menggambarkan aspek-aspek tertentu dari proses dan mereka biasanya dilengkapi dengan jenis lain diagram. Misalnya, Kaoru Ishikawa diagram alur didefinisikan sebagai salah satu dari tujuh alat dasar kontrol kualitas, di samping histogram, diagram Pareto, check sheet, peta kendali, sebab-akibat diagram, dan diagram pencar. Demikian pula, dalam UML, notasi-konsep pemodelan standar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, diagram aktivitas, yang merupakan jenis flowchart, hanyalah salah satu dari banyak jenis diagram yang berbeda.
Nassi-Shneiderman diagram merupakan notasi alternatif untuk aliran proses.
Nama lain yang umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, diagram proses, bagan proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram aliran bisnis.
 
 
Simbol" Flowchart


fl1 

0 komentar:

Posting Komentar